Selasa, 23 Mei 2023

Tips Menggoreng Ikan Agar Memiliki Tekstur yang Lembut dan Rasa yang Enak

Tips Menggoreng Ikan Agar Memiliki Tekstur yang Lembut dan Rasa yang Enak. Memasak ikan dengan cara digoreng memang selalu menjadi menu favorit banyak orang. Tak hanya memiliki nilai gizi yang tinggi, rasa yang dihasilkan pun sangat lezat, apalagi jika anda menggunakan teknik menggoreng yang tepat hingga membuat daging ikan terasa garing di luar namun lembut dan juicy di dalam. 

Tak hanya sekadar memanaskan minyak lalu meletakkan ikan terbaik di dalam wajan, untuk mendapatkan hasil ikan goreng dengan kulit renyah, daging lembut, serta terlihat utuh sempurna ternyata memerlukan trik tersendiri, lho. Kabar baiknya, anda tak perlu berguru dengan chef terkenal, trik yang digunakan cukup mudah dan bisa anda pelajari dibawah ini.


Melansir dari motherbeyond.id, inilah beberapa hal yang bisa anda ikuti agar ikan yang digoreng mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Pilihlah Ikan yang Masih Segar

Untuk mendapatkan hasil masakan yang lezat, gunakan ikan dengan kondisi yang masih segar. Sebelum dimasak, pastikan ikan telah dibersihkan dari sisik, insang dan isi perutnya. Setelah itu, kerat-kerat ikan pada kedua sisinya, lalu cuci bersih di bawah air mengalir. 

Sebelum ikan dibumbui, keringkan ikan yang telah dibersihkan menggunakan paper towel, terutama pada bagian dalamnya. Kenapa harus dikeringkan? Karena kandungan air yang terlalu banyak di dalam ikan bisa menurunkan suhu minyak dan merusak proses memasak.

2. Marinasi Ikan

Agar ikan tidak lagi memiliki bau amis, lumuri ikan yang sudah dibersihkan dengan air perasan jeruk lemon, garam, merica, bawang putih, jahe, atau bumbu lainnya sesuai dengan selera. Diamkan ikan minimal selama 1 jam agar bumbu meresap. Tak hanya membuat ikan lebih lezat, cara ini juga bisa mengurangi risiko ikan menjadi lengket dan meletup pada saat digoreng.

Agar daging ikan tidak mudah hancur, lumuri ikan dengan sedikit tepung kering sebelum digoreng. Perlu diingat, jangan terlalu banyak membalurkan garam karena hal ini justru akan membuat ikan menjadi kering dan keras, bukannya menjadi padat dan lembut.

3. Perhatikan wajan untuk menggoreng

Pastikan wajan yang Anda gunakan untuk menggoreng ikan benar-benar kering dan telah bersih dari kotoran serta sisa-sisa minyak. Wajan yang bersih akan mengurangi risiko ikan menempel pada saat proses memasak. Anda bisa menggunakan wajan dengan bahan aluminium, stainless steel, besi, atau lebih baik lagi, wajan anti-lengket.

Sesuaikan juga ukuran wajan dengan besar ikan. Jika wajan yang anda miliki berukuran kecil sedangkan ikan yang akan digoreng terlalu besar, jangan paksakan menggorengnya secara utuh. Ikan yang digoreng dengan ukuran besar biasanya tidak akan matang secara merata. Solusinya, potong ikan menjadi dua atau tiga bagian.

4. Jangan Memasak Ikan yang Masih Dingin

Pastikan untuk mendiamkan ikan yang baru dikeluarkan dari kulkas pada suhu ruangan setidaknya 15 menit sebelum mengolahnya. Memasak ikan yang masih dingin atau bahkan masih beku, akan membuat tingkat kematangan tidak merata, kering di luar, namun mentah di dalam.

5. Perhatikan Penggunaan Minyak

Agar tekstur yang dihasilkan ikan goreng sempurna, sebaiknya gunakan minyak yang masih baru. Anda juga perlu memperhatikan jumlah minyak yang akan digunakan. Pastikan minyak tidak lebih dari sepertiga ukuran wajan karena akan menyebabkan minyak semakin naik ke permukaan. Hal ini disebabkan oleh suhu panas dari api kompor pada saat proses memasak.

Minyak pun harus benar-benar panas saat ikan dimasukkan ke dalam wajan. Jika ikan dimasukkan ke dalam minyak yang masih dingin atau hangat, kemungkinan besar daging ikan akan menjadi lengket dan hancur. Goreng ikan hanya saat minyak sudah dalam kondisi panas, namun segera turunkan suhu menjadi api sedang ketika ikan sudah dimasukkan ke dalam wajan.

6. Beri Perasan Lemon Ke Dalam Minyak

Satu tips simpel yang sudah terbukti berhasil, peras sedikit saja air lemon ke dalam minyak untuk mengurangi risiko daging ikan menjadi lengket serta memuncratkan minyak saat digoreng.

7. Masak bagian berkulit terlebih dahulu

Jika anda memasak ikan dengan membelahnya menjadi dua bagian, atau fillet ikan yang masih berkulit, pastikan bagian ikan yang berkulit diletakkan menghadap wajan. Hal ini penting dilakukan mengingat bagian kulit ikan akan lebih cepat matang bila dibandingkan dengan bagian dagingnya.

8. Jangan Terlalu Sering Membolak-balik Ikan

Menggoreng ikan harus dilakukan dengan sabar. Jangan terlalu sering membolak-balik ikan meskipun hanya ingin sekedar mengecek kematangannya saja. Karena hal ini bisa mempengaruhi tekstur kerenyahan yang ada pada ikan. Tak hanya itu, kulit luar ikan pun bisa mudah terlepas dan membuat daging ikan menjadi lebih cepat hancur.


Itulah beberapa tips yang bisa anda ikuti pada saat menggoreng ikan. Tampilan ikan goreng yang sempurna adalah ketika kulitnya berwarna keemasan dan memiliki tekstur yang garing. Saat sudah matang, segera angkat ikan dari wajan dan letakkan di atas tisu berlapis kertas agar lemak dan minyak yang menempel dapat mengering.

Selain dimasak menjadi ikan goreng, ikan juga dapat dibuat menjadi macam-macam olahan makanan yang lebih bervariatif seperti pempek, siomay, dll. Kami juga mempunyai solusi bagi Anda yang ingin membuat makanan dari ikan namun tidak perlu membersihkan duri dan menggilingnya. Dikarenakan Ikan Giling Segar dari Ikan Tebo dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menyimpan ikan dalam bentuk yang sudah digiling.


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan kakap giling, ikan tenggiri giling, ikan gabus giling, ikan giling barakuda, ikan surimi giling, dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Varian ikan giling kami :

Ikan giling barakuda, ikan giling kakap, ikan giling gabus, ikan giling tenggiri, udang giling, ikan giling surimi.




Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel