Senin, 22 Mei 2023

7 Manfaat Ikan Kuniran yang Perlu di Simak oleh Penderita Sakit Jantung


7 Manfaat Ikan Kuniran yang Perlu di Simak oleh Penderita Sakit Jantung. Ikan merupakan makanan yang penting untuk dikonsumsi anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan. Hal tersebut terjadi karena ikan laut dianggap memiliki kandungan DHA dan asam lemak omega-3 yang lebih banyak. Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan otak anak, meningkatkan fungsi kognitif, baik untuk kesehatan tubuh, bahkan orang tua yang sering mengonsumsi ikan dapat mencegah terjadinya risiko penyakit yang disebabkan oleh degenerasi sel yang akan menyebabkan kepikunan, demensia, atau alzheimer. Salah satu contoh ikan laut yang baik dikonsumsi untuk dijadikan makanan sehari hari adalah ikan kuniran atau ikan surimi.

Apa itu ikan kuniran?

Ikan kuniran adalah jenis ikan laut yang mempunyai ciri khas cukup mencolok pada bagian ekor dan siripnya yang berwarna kuning. Mungkin alasan tersebutlah yang menyebabkan ikan ini disebut ikan kuniran, seperti halnya orang Jawa menyebut kunyit dengan sebutan kunir karena warnanya identik dengan kuning. Ikan kuniran sendiri biasanya mudah ditemukan di perairan Selat Sunda, karena di pasaran ikan ini memiliki permintaan yang cukup tinggi, maka hasil tangkapannya pun terus meningkat.

Apa saja manfaat yang didapatkan jika mengonsumsi ikan kuniran?

Permintaan pasar yang cukup tinggi berbanding lurus dengan manfaat yang didapatkan dari ikan kuniran bagi kesehatan.  Saat ini, kalangan masyarakat pun sudah banyak yang mengetahui tentang manfaat dari ikan kuniran. Manfaat tersebut antara lain adalah:

1. Mengatasi terjadinya penyakit tekanan darah tinggi

Ikan kuniran mengandung mineral yang cukup banyak, dan salah satu kandungan yang ada di dalamnya adalah zat besi. Zat besi sangat baik dalam melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, sehingga dapat mengatasi masalah penyakit darah tinggi dengan syarat pada proses pengolahannya diolah dengan tepat dan digoreng dengan takaran minyak yang tidak berlebihan. 

2. Baik untuk kesehatan jantung

Salah satu manfaat kesehatan ikan yang paling utama adalah karena didalamnya mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Ikan mengandung asam lemak yang dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular, mengoptimalkan fungsi jantung, dan mengurangi risiko penyakit akibat disfungsi jantung seperti stroke dan serangan jantung.

3. Mengoptimalkan sistem pencernaan

Ternyata serat tidak hanya didapat dari mengonsumsi buah-buahan dan sayuran saja, namun serat juga bisa didapatkan dari hewan seperti ikan kuniran ini. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat sangat penting bagi tubuh, terutama untuk kelancaran sistem pencernaan, mengoptimalkan fungsi organ, mencegah sembelit , dan mengurangi risiko infeksi lambung.

4. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Selain zat besi, ikan kuniran memiliki kandungan mineral dan fosfor. Sama halnya dengan kalsium, fosfor memiliki manfaat dalam memberikan perlindungan pada tulang dan gigi, sehingga manfaat fosfor bagi tubuh sangatlah penting. Oleh karena itu, ikan sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak agar tumbuh kembangnya dapat berjalan secara optimal.

5. Pencegahan terhadap kolesterol

Memilih makanan yang tepat untuk penderita kolesterol memanglah tidak mudah, karena makanan yang dipilih harus sesuai agar kadar kolesterol yang dimiliki tidak naik. Salah satu makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol adalah ikan kuniran, meskipun didalamnya juga mengandung kolesterol, tetapi dapat diimbangi dengan mineral lain seperti potasium agar dapat mengatasi masalah pada kolesterol.

6. Menurunkan risiko terjadinya penyakit demensia dan alzheimer

Didalam ikan terkandung zat penting yang baik untuk perkembangan otak dan saraf manusia, tidak terkecuali ikan kuniran yang kaya akan kandungan omega-3 dan DHA. Mengonsumsi makanan yang tinggi omega-3 dapat mengurangi risiko penyakit seperti Alzheimer dan demensia.

7. Mengoptimalkan sistem kerja saraf

Sebuah penelitian menyatakan bahwa makan ikan dapat memberikan efek penting pada sistem saraf, terutama pada anak-anak. Makan ikan dapat membantu anak tidur lebih nyenyak di malam hari karena mereka yang tidak mengalami masalah tidur dapat lebih fokus saat belajar di siang hari. 

Nah itulah manfaat yang bisa didapatkan jika anda mengonsumsi ikan kuniran. Namun ada hal yang perlu diperhatikan saat memilih ikan laut untuk dijadikan menu harian, salah satunya adalah potensi terpapar merkuri yang sebenarnya sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak dan ibu hamil. Namun selama ini hasil tangkapan laut di Indonesia relatif sedikit terpapar merkuri dan sangat aman jika dikonsumsi.

Memilih jenis ikan yang tepat akan membuat cita rasa masakan yang dihasilkan menjadi lebih nikmat. Agar tidak bosan, ikan juga dapat dibuat menjadi beberapa olahan makanan yang lebih bervariatif seperti pempek, siomay, dll. Kami juga mempunyai solusi bagi Anda yang ingin membuat makanan dari ikan tapi tidak perlu membersihkan duri dan menggilingnya. Karena Ikan Tebo dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menyimpan ikan dalam bentuk yang sudah digiling.


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan kakap giling, ikan tenggiri giling, ikan gabus giling, ikan giling barakuda, ikan kuniran giling, ikan surimi giling dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Varian ikan giling kami :

Ikan giling barakuda, ikan giling kakap, ikan giling gabus, ikan giling tenggiri, udang giling, ikan giling surimi.








Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel