Jumat, 19 Mei 2023

Meskipun Memiliki Bentuk yang Menyeramkan, Ternyata Ikan Gabus Memiliki Beragam Nutrisi yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Ternyata Ikan Gabus Memiliki Beragam Nutrisi yang Baik Untuk Penderita Diabetes. Siapa yang belum tau ikan gabus? Ikan Gabus merupakan ikan air tawar yang dapat dengan mudah ditemukan di daerah sungai, persawahan dan danau. Ikan gabus dapat tumbuh dengan panjang tubuh hingga berukuran 1 meter dan banyak manfaatnya bila dikonsumsi. Karena daya tahan dan kecepatan perkembangannya, ikan gabus masih diminati dan dicari oleh masyarakat hingga saat ini. Ikan dikatakan memiliki beberapa manfaat dan gizi yang baik bagi kesehatan. Sebelum mulai mendalami khasiat dari ikan gabus, yuk kita lihat dahulu kandungan gizi dari ikan gabus! 

Sebelum mengonsumsi makanan, kita harus mengetahui nilai gizinya. Nah, ikan gabus ini ternyata kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Walaupun bentuknya seperti ular dan tampak menyeramkan, tapi ikan gabus memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Mengutip dari Steemkr.com, Tiap 100 gram ikan gabus memiliki berbagai nutrisi, seperti :

  • Protein (25,2 gram)
  • Kalori (69 gram)
  • Lemak (1,7 gram)
  • Zat besi (0,9 miligram)
  • Fosfor (76 miligram)
  • Kalsium (62 miligram)
  • Vitamin A (150 miligram)
  • Vitamin B (0,04 miligram)
  • Air (69 gram)

Dengan nutrisi-nutrisi di atas, ikan gabus mampu memberikan manfaat bagi pengonsumsinya. Terutama untuk ibu hamil, anak-anak, hingga penderita diabetes. Ikan gabus memiliki kandungan kalori yang rendah. Ikan ini mampu menunjang kesehatan tubuh. Keutamaan dan manfaat ikan gabus untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah :

1. Mudah dicerna oleh tubuh

Ikan gabus memiliki tekstur daging yang lembut, sehingga membuatnya lebih mudah untuk dimakan dan dicerna oleh tubuh. Selain itu, ternyata sisik dari ikan gabus juga dapat memproduksi kolagen.

2. Mampu membantu proses pemulihan

Ikan gabus kaya akan zat gizi yang mampu membantu proses pemulihan tubuh dari berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

3. Mencegah malnutrisi

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, ikan gabus mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi. Dengan ini, ikan gabus mampu mencegah kita dari malnutrisi atau kondisi kekurangan gizi

4. Baik untuk pembentukan otot

Ikan gabus memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein berperan penting dalam pembentukan otot tubuh

5. Bantu proses pemulihan tubuh

Ikan gabus dapat membantu proses pemulihan tubuh dari berbagai penyakit dan mampu merawat daya tahan tubuh, kandungan nutrisi yang dimiliki ikan gabus membantu pemulihan tubuh lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan kandungan protein albumin yang ada pada ikan gabus.

6. Mempercepat pemulihan pasca operasi

Tidak hanya menyembuhkan luka lebih cepat, namun ikan gabus dapat mempercepat pemulihan pasca-operasi karena kandungan protein albumin yang tinggi. Ikan gabus dipercaya mampu menjaga keseimbangan dan kestabilan cairan dalam tubuh serta baik dalam pertumbuhan otot tubuh Anda. Jika dibandingkan dengan ikan yang lain, kandungan protein yang dimiliki ikan gabus lebih tinggi, sehingga pertumbuhan otot tetap terjaga dengan baik.


Selain manfaat yang disebutkan diatas, terdapat beberapa manfaat lainnya dari mengonsumsi ikan gabus seperti menjaga kesehatan mata, membantu dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi, menambah berat badan, sumber tambahan nutrisi bagi penderita autis, dan masih banyak lagi.

Khasiat dari ikan gabus juga dapat menjadi sumber protein yang baik bagi ibu hamil karena dapat memberikan pengaruh kesehatan yang baik bagi janin maupun ibu hamil. Selain memberikan kesehatan bagi ibu hamil dan janin, ternyata ikan gabus mampu memberikan kalori bagi penderita diabetes, sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalori tubuh dan menghindarkan dari kandungan gula.

Dalam penerapan kandungan manfaat dari ikan gabus, Anda dapat mengolah ikan gabus menjadi produk makanan seperti abon, otak-otak, dan berbagai olahan makanan lainnya. Namun, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi ikan gabus sembarangan. Karena, duri dari ikan sangat berbahaya jika tidak dipisahkan sampai bersih. Kami mempunyai solusi bagi Anda yang ingin membuat makanan dari ikan gabus tapi tidak perlu membersihkan duri dan menggilingnya. Karena Ikan Tebo dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menyimpan ikan dalam bentuk yang sudah digiling. 


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkan aneka jenis ikan giling jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan giling kakap, ikan giling tenggiri, ikan giling gabus, ikan giling barakuda, dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Produk kami:

Ikan Surimi Giling, udang giling, ikan tenggiri giling, ikan kakap giling, ikan gabus giling, ikan barakuda giling.






Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel