Jumat, 19 Mei 2023

Inilah 6 Manfaat Ikan yang Baik Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Inilah 6 Manfaat Ikan yang Baik Untuk Kesehatan Fisik dan Mental. Tahukah kamu? selain daging dan ayam, salah satu makanan dengan sumber protein yang baik bagi tubuh adalah berasal dari ikan. Sayangnya jika dibandingkan dengan negara lain, tingkatan konsumsi ikan di Indonesia masih tergolong sedikit. Padahal ikan memiliki banyak kandungan yang sangat baik bagi setiap orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.


Untuk itu, yuk kenali apa saja manfaat ikan bagi tubuh manusia.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwasannya masyarakat Indonesia masih tergolong rendah dalam tingkat mengonsumsi ikan, terutama untuk penduduk yang bedada di Pulau Jawa. Sebagaimana data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, tingkat rata-rata penduduk di Pulau Jawa mengonsumsi ikan adalah sebanyak 40,123 kg per orang dalam kurun waktu satu tahun. Pulau Sumatera dan Kalimantan sebesar 54,648 kg per tahun dan untuk Indonesia bagian timur, rata-rata konsumsi ikan per orangnya adalah sebanyak 62,92 kg per tahun.

Sayangnya, kebanyakan penduduk di Indonesia lebih memilih menjadikan daging ayam dan sapi sebagai pilihan menu harian untuk memenuhi kebutuhan asupan proteinnya. Padahal jika dilihat, ikan memiliki kandungan zat gizi yang tinggi dan harga yang mungkin lebih terjangkau dibandingkan dengan daging sapi. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui berbagai macam manfaat ikan bagi tubuh manusia.

1. Membantu pertumbuhan otak anak

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, di dalam ikan juga terdapat kandungan asam lemak omega-3. Omega-3 sering dikenal memiliki manfaat untuk pertumbuhan otak bayi serta menjaga kesehatan otak orang tua. 

Menurut studi terbitan nutriens pada tahun 2014, asam lemak omega-3 pada ikan baik untuk meningkatkan fungsi kerja otak, terlebih lagi untuk kemampuan daya  ingatan, belajar, dan perkembangan otak.

2. Dapat mencegah terjadinya risiko penyakit Alzheimer

Masih membahas tentang otak, ikan juga sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh orang dewasa. Terdapat sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Preventive Madicine pada tahun 2014,  ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi ikan dengan cara dipanggang diyakini memiliki sel dan volume otak yang lebih besar. Para ahli mempercayai bahwasannya orang yang memiliki volume otak lebih besar dapat meningkatkan fungsi ingatan dan pembelajarannya. 

Orang dengan volume otak lebih besar juga dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit Alzheimer dan menurunnya fungsi kognitif otak.

3. Menurunkan risiko asma pada anak

Siapa sangka ternyata manfaat ikan dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan pernapasan. Sebuah studi  PLos ONE (2013) menemukan bahwasannya jika makan ikan dapat menurunkan risiko terjadinya asma pada anak hingga 24%. Manfaat tersebut juga didapat melalui kandungan asam lemak omega-3 yang ada pada ikan.

Dalam hal ini, omega-3 menekan respons seluler terhadap pemicu asma. Anak-anak penderita asma juga mengalami peradangan kronis yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh mereka. Nah, omega-3 pada ikan ini dapat membantu mengurangi peradangan tersebut.

4. Mengurangi risiko terkena depresi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena depresi. Hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity (2014) menemukan bahwa orang yang mengalami depresi dan stres kronis biasanya memiliki kondisi sistem saraf yang meradang.

Nah, omega-3 yang terkandung pada ikan ini memiliki efek antiradang pada tubuh.

Selain itu, omega-3 membantu menjaga dan meningkatkan kualitas struktur otak sehingga fungsinya tetap terjaga. Ini membantu mengurangi gejala depresi.

Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan juga dapat membantu menekan terjadinya gangguan mental lainnya, seperti gangguan bipolar.

5. Menurunkan risiko penyakit autoimun

Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang bagian tubuh yang sehat. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh BMJ (2022) menyatakan bahwa manfaat ikan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit autoimun, antara lain seperti:

  • Diabetes tipe 1
  • Rematik
  • Penyakit autoimun tiroid dan
  • Psoriasis

Vitamin D dan Omega 3 yang terkandung dalam ikan dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga, sistem imun tidak akan menyerang tubuh yang sehat. Selain itu, omega-3 juga mengatur peradangan dalam tubuh dan memainkan peran penting dalam munculnya penyakit autoimun.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Mengonsumsi ikan tidak hanya dapat mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit, tetapi juga membantu menjaga tidur. Orang dengan masalah tidur biasanya mengalami kekurangan vitamin D. Makan ikan dapat memenuhi kebutuhan vitamin D Anda.

Selain itu, ikan seperti cakalang dan salmon kaya akan vitamin B6. Vitamin ini meningkatkan kadar melatonin dan serotonin dalam tubuh. Keduanya merupakan senyawa yang menyebabkan kantuk di malam hari.

Manfaat ikan dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian, meningkatkan kesehatan, dan mengurangi risiko terjadinya penyakit berbahaya. Manfaat ini akan lebih maksimal jika Anda mengetahui cara mengolah dan memasak ikan dengan benar.

Itulah beberapa manfaat ikan yang sangat berguna untuk tubuh manusia. Agar tidak bosan, ikan juga dapat dibuat menjadi beberapa olahan makanan seperti bakso ikan, siomay, pempek dan masih banyak lagi olahan lainnya yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Anda juga tidak perlu khawatir, karena olahan tersebut biasanya akan yang lebih mudah jika dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan giling.


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan kakap giling, ikan tenggiri giling, ikan gabus giling, ikan giling barakuda, dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Tersedia produk ikan giling :

ikan surimi giling, saku ltk, ikan tenggiri giling, ikan barakuda giling, ikan kakap giling, ikan gabus giling, udang giling.






Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel