Selasa, 23 Mei 2023

Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil dengan Menggunakan Resep MPASI Ikan Tenggiri

Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil dengan Menggunakan Resep MPASI Ikan Tenggiri. Saat bayi sudah memasuki umur untuk mengonsumsi MPASI, seorang ibu haruslah mengetahui bahan makanan apa saja yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Salah satu makanan yang dapat menjadi pilihan menu untuk pembuatan MPASI adalah ikan. Meskipun ikan dapat memberikan manfaat yang banyak, ternyata ada juga sebagian jenis ikan yang tidak boleh dijadikan sebagai menu untuk MPASI. Jenis yang diperbolehkan salah satunya adalah ikan tenggiri. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan saat anak mengonsumsi ikan tenggiri? Yuk simak pembahasannya lebih lanjut!


Kandungan Nutrisi yang Ada Pada Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri dapat menjadi menu pilihan yang baik untuk dikonsumsi saat anak memulai MPASI nya. Jika dikonsumsi secara teratur, ikan tenggiri mampu memberikan manfaat dalam mencegah beberapa penyakit datang ke tubuh anak. Ini disebabkan karena kandungan yang dimiliki oleh ikan tenggiri. Kandungan tersebut antara lain adalah:

  • Zat Besi. Zat besi berguna untuk mengikat oksigen yang ada di dalam sel darah merah dan bermanfaat untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.
  • Kalsium. Kandungan kalsium memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.
  • Protein. Protein dapat membantu pertumbuhan massa otot di dalam tubuh.
  • Vitamin. Ada beberapa jenis vitamin yang terkandung di dalam ikan tenggiri seperti vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C.


Manfaat yang Didapatkan Jika Mengonsumsi Ikan Tenggiri

Karena kandungan nutrisi didalamnya, ikan tenggiri mampu memberikan berbagai macam manfaat bagi tubuh manusia. Apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan Kecerdasan

Ternyata, kecerdasan anak dapat dilatih semenjak ia masih berada dalam kandungan hingga masa pertumbuhannya. Itu sebabnya banyak ibu hamil yang dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis ikan yang mengandung omega-3 dan protein. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kecerdasan calon bayi dan menghindari risiko terjadinya cacat pada bayi saat ia lahir. 

Mengonsumsi ikan tenggiri dapat membantu meningkatkan kadar omega-3. Pasalnya di tiap 100 gram ikan tersebut memiliki kandungan omega-3 sebanyak 2,67 mg. Selain baik untuk ibu hamil, ikan tenggiri juga baik dijadikan sebagai menu mpasi anak yang berada dalam masa pertumbuhan. Usia pertumbuhan anak berada pada rentang usia 3-10 tahun. Maka dari itu diperlukan kandungan gizi yang cukup agar masa pertumbuhannya dapat berjalan dengan optimal.

2. Menyehatkan Pencernaan

Karena bayi belum memiliki sistem pencernaan sesempurna orang dewasa, sehingga setiap makanan yang dikonsumsinya haruslah memiliki tekstur yang mudah untuk dicerna. Kesehatan pencernaan pun sangat bergantung dari sumber makanan yang dikonsumsinya. Salah satu makanan yang dapat menjadi solusi untuk kesehatan pencernaan bayi adalah ikan tenggiri. Karena ikan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk memenuhi asupan yodium dan kebutuhan tiroid di dalam tubuh. 

3. Menjaga Kesehatan Mata

Diperlukan mengonsumsi makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan mata setiap orang. Ikan tenggiri dapat menjadi salah satu solusinya karena terdapat kandungan vitamin A yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan mata.


Inspirasi Resep MPASI Ikan Tenggiri

Jika ingin memasukkan ikan tenggiri sebagai bagian dari menu MPASI. Anda dapat membuat olahan bubur tenggiri brokoli untuk si kecil. Melansir dari HaiBunda, beginilah cara pembuatannya.

Bahan yang perlu disiapkan:

  • 80 gram ikan tenggiri giling
  • 80 gram kentang (kupas, potong kecil-kecil)
  • 80 gram wortel (kupas, potong kecil-kecil)
  • 50 gram brokoli
  • 2 sdt margarin
  • 240 ml air
  • Jeruk nipis

Cara Memasak:

  • Baluri daging ikan tenggiri giling dengan perasan jeruk nipis selama 10 menit untuk menghilangkan bau amis.
  • Cuci daging ikan yang sudah didiamkan dengan air bersih sebelum diolah.
  • Masukkan daging ikan, kentang dan wortel ke dalam panci. Tambahkan air kemudian masak hingga mendidih. Tutup panci dan biarkan hingga 30 menit.
  • Masukkan brokoli dan tambahkan margarin. Masak dalam keadaan panci tertutup sampai isinya lunak, kemudian angkat.
  • Haluskan isi bubur dengan blender, kemudian saring.
  • Tuang bubur yang telah halus ke dalam mangkuk, biarkan hingga dingin.
  • Bubur tenggiri brokoli siap dihidangkan. 


Itulah menu dan resep mpasi si kecil dengan menggunakan bahan dasar ikan tenggiri giling yang memiliki banyak manfaat untuk masa pertumbuhannya. Bagi anda yang kesulitan membuat dan mengolah ikan tenggiri giling tersebut, Kami dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menggunakan ikan dalam bentuk yang sudah digiling dari Ikan Tebo


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan kakap giling, ikan tenggiri giling, ikan gabus giling, ikan giling barakuda, ikan surimi giling, dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Varian Produk Kami :

Ikan tenggiri giling, Ikan giling tenggiri, ikan kakap giling, ikan giling kakap, ikan gabus giling, ikan giling gabus, ikan giling malang.






Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel