Jumat, 19 Mei 2023

Inilah Cara Mudah Mengawetkan Ikan Agar Tetap Segar dan Tahan Lama


Inilah Cara Mudah Mengawetkan Ikan Agar Tetap Segar dan Tahan Lama. Salah satu jenis makanan yang digemari oleh kalangan masyarakat dan memiliki kandungan serta khasiat yang yang baik bagi kesehatan adalah ikan. Karena kandungan nutrisinya, ikan dapat menjadi pilihan menu harian yang sehat untuk dikonsumsi sehari-hari bagi anda dan keluarga. Kandungan nutrisi tersebut antara lain adalah omega-3, protein serta vitamin yang sangat bermanfaat dalam membantu menyehatkan tubuh. Untuk tetap menjaga khasiat dan kandungan nutrisi didalamnya, sebaiknya ikan dikonsumsi dalam keadaan baru ditangkap serta segar, hal ini dilakukan demi menjaga cita rasa ikan saat dikonsumsi dan tidak berkurangnya khasiat yang akan didapatkan. 

Meskipun demikian, anda tidak perlu khawatir karena ikan tetap dapat dibeli meskipun dalam keadaan beberapa hari kemudian setelah ditangkap. Namun, sebelumnya harus melakukan proses pengawetan yang sesuai dan tepat agar kondisi ikan tetap dalam keadaan yang fresh dan tidak mudah membusuk. Sehingga ikan tersebut dapat disimpan dan dikonsumsi untuk beberapa hari kedepan. Maka dari itu, yuk simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui bagaimana cara mengawetkan ikan yang baik dan benar demi menjaga khasiat di dalamnya.

1. Pilihlah ikan yang berkualitas

Saat anda ingin belanja dan membeli ikan, upayakan anda memilih ikan dengan kualitas terbaik. Hal ini bertujuan agar ikan yang dibeli dapat bertahan lebih lama dan mengalami pembusukan lebih lambat dibandingkan dengan ikan dengan kondisi kurang baik saat pertama kali dipilih.
Untuk mengetahui apakah kondisi ikan tersebut berkualitas atau tidak, anda bisa menyesuaikannya dengan memperhatikan ciri-ciri seperti:
  • Ikan tidak berbau amis atau aneh
  • Insang ikan berwarna merah segar
  • Tidak mengapung saat berada di dalam air
  • Daging ikan masih terasa kenyal dan tidak lembek

2. Mata ikan terlihat jernih dan cerah

Hal yang terlihat menonjol saat memilih ikan dalam keadaan segar adalah matanya. Sebaiknya anda memilih ikan dengan keadaan mata masih jernih dan cerah karena kondisi kesegaran ikan dapat dilihat dari keadaan matanya.

3. Cuci ikan secara bersih dan menyeluruh

Setelah membeli ikan, pastikan ikan dicuci secara menyeluruh dengan air yang bersih. Buanglah sisik ikan, lendir serta bagian yang mudah membusuk di dalamnya seperti insang dan isi perutnya. Untuk menghilangkan bau amis dan menambah keawetan ikan, anda bisa menambahkan pengawet alami seperti perasan jeruk nipis atau air garam sebelum menyimpannya di dalam wadah.

4. Simpanlah ikan di wadah tertutup

Agar tidak menyebarkan bau amis saat disimpan di dalam lemari es atau freezer, anda sebaiknya menaruh ikan di wadah tertutup yang bisa berupa kotak makanan atau lainnya dengan penutup yang kokoh. Jangan lupa untuk memastikan bahwa wadah ikan sudah tertutup dengan rapat saat sebelum disimpan.

5. Letakkan ikan didalam freezer

Pada zaman dahulu, orang-orang biasanya mengawetkan ikan dengan menyimpannya bersama dengan tumpukan balok es. Karena es dapat membantu mencegah kerusakan ikan dan menjaga khasiat yang terkandung di dalam ikan. Namun karena sekarang teknologi sudah semakin maju, anda bisa menyimpan ikan di dalam freezer. Selama disimpan di freezer, ikan tetap dapat mempertahankan kesegarannya sehingga dapat disimpan selama beberapa hari kedepan.

Tapi perlu diingat bahwasannya jika ikan sudah dikeluarkan dari freezer dan membiarkannya berada di suhu ruangan dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya ikan segera diolah dan dikonsumsi agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang akibat berlanjutnya proses pembusukan saat disimpan di suhu ruangan tersebut.

Nah, itulah beberapa tips dalam mempertahankan keawetan ikan agar tetap berada dalam kondisi yang segar saat sebelum dikonsumsi. Agar tidak bosan, ikan juga dapat dibuat menjadi beberapa olahan makanan yang lebih bervariatif seperti pempek, siomay, dll. Kami juga mempunyai solusi bagi Anda yang ingin membuat makanan dari ikan tapi tidak perlu membersihkan duri dan menggilingnya. Karena Ikan Tebo dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menyimpan ikan dalam bentuk yang sudah digiling. 


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan giling kakap, ikan giling tenggiri, ikan giling gabus, ikan giling barakuda, dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Olahan ikan giling kami :

Ikan gabus giling, ikan giling gabus, Ikan tenggiri giling, Ikan giling tenggiri, ikan kakap giling, ikan giling kakap, ikan giling malang.






Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel