Jumat, 19 Mei 2023

Apakah Ikan Kakap Merah Aman Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil?

Apakah Ikan Kakap Merah Aman Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil? Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang terkenal akan kandungan proteinnya. Meskipun memiliki berbagai macam manfaat, namun kita juga harus berhati-hati dalam memilih ikan yang ingin dikonsumsi. Hal tersebut terjadi karena sebagian dari jenis ikan memiliki kadar merkuri yang tinggi, sehingga tidak baik jika dikonsumsi oleh tubuh manusia.

Bagi sebagian orang, terutama pada ibu hamil, mengonsumsi ikan seringkali masih menjadi perdebatan karena adanya pendapat terkait fakta dari beberapa jenis ikan, termasuk ikan kakap merah. Maka dari itu, kita harus lebih pandai saat mencari informasi dan mengolah ikan tersebut sesuai dengan kadar dan porsinya agar ikan yang dikonsumsi tetap dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Selain itu, bisa juga melakukan konsultasi dengan dokter agar diberikan arahan yang sesuai dan menjadi lebih yakin saat ibu hamil mengonsumsi ikan.


Apakah ikan kakap merah aman dikonsumsi saat sedang hamil?

Ikan kakap merah sudah menjadi bahan makanan dan kuliner seafood yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, apakah ikan tersebut menjadi hal yang aman jika dikonsumsi saat seorang wanita sedang hamil?

Dilansir dari Pregnancy Food Checker, umumnya ikan kakap merah masih aman jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah tidak lebih dari 1 kali dalam seminggu karena adanya kandungan merkuri pada ikan tersebut. 

Jika dikonsumsi secara tepat, ikan kakap merah juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi ibu hamil tersebut.

Saat sedang hamil, sebaiknya ikan kakap merah atau jenis ikan lainnya dimasak dalam keadaan matang sepenuhnya. Jika ikan dikonsumsi dalam keadaan tidak matang sepenuhnya, ditakutkan terjadi risiko kontaminasi dari listeria dan jenis bakteri lain yang nantinya dapat berbahaya bagi janin dan ibu hamilnya sendiri. Tidak terkecuali pada ikan kakap merah.

Sebelum dimakan, amannya semua jenis ikan kakap dimasak dalam keadaan suhu 62.8 derajat celcius. Pada saat proses memasak, suhu bisa di cek menggunakan termometer makanan untuk memastikan apakah semua potongan bagian pada ikan tersebut matang secara sempurna atau tidak, guna menghindari hal yang tidak diinginkan jika ikan tersebut dimasak secara kurang sempurna.

Kabar baiknya, ikan kakap merah termasuk kedalam jenis ikan kakap yang memiliki kadar merkuri paling rendah jika dibandingkan dengan spesies lainnya, yaitu sebesar 0,60 dengan rata-rata PPM (bagian per seribu). Ukuran tersebut termasuk kedalam jumlah merkuri yang moderat. Namun, data ini masih dikatakan tidak sepenuhnya benar karena diteliti menggunakan ukuran sampel yang terbatas. Sehingga ikan kakap merah harus tetap dikomsumsi sesuai dengan porsinya.


Apa saja manfaat ikan kakap merah bagi ibu hamil?

Melansir Organic Facts, ikan kakap merah memiliki berbagai macam kandungan didalamnya. Antara lain seperti Omega-3 tingkat sedang, kandungan vitamin D yang tinggi, Vitamin E, Magnesium, Selenium, dll. Ikan kakap merah juga dapat menghasilkan sekitar 170 kalori dan lebih dari 35 gram protein pada takaran 6 ons porsinya. Selain itu, terdapat pula kandungan jumlah potasium yang baik pada ikan tersebut.

Masih dilansir dari Pregnancy Food Checker, ikan kakap merah menjadi ikan dengan kandungan cukup rendah lemak. Pada 100 gram ikan kakap merah disebutkan memiliki kandungan 26 gram protein, 1,7 gram lemak serta 128 kalori.

Ternyata ikan kakap dapat menjadi sumber potasium yang baik karena termasuk kedalam 15 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan, serta memiliki 3,1 persen dari kebutuhan kalsium harian.

Meskipun ikan kakap merah bukan memiliki kandungan asam omega-3 tertinggi, yaitu hanya sebesar 0,2 saja, namun kandungan omega-3 pada ikan kakap dapat membantu menangkal terjadinya depresi setelah melahirkan, serta menurunkan risiko persalinan secara prematur. Pada saat hamil, sebaiknya seorang wanita mengonsumsi kandungan omega-3 sebesar 1,4 gram per hari agar selalu memenuhi kebutuhan kesehatan ibu dan janin.

Dengan disebutkannya semua kandungan diatas, ikan kakap merah dapat menjadi salah satu pilihan ikan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena ibu hamil membutuhkan protein sebesar 75 sampai 100 gram per hari demi menjaga agar janin dan ibunya tetap sehat, sehingga ikan kakap merah menjadi solusi yang tepat karena memiliki kandungan protein tinggi serta rendah lemak kalori. Sehingga ibu hamil tidak perlu menambahkan kalori atau lemak ekstra pada makanan yang dikonsumsinya. 

Agar tidak bosan, ikan kakap merah juga dapat diolah menjadi beberapa olahan makanan yang sesuai dengan selera masing-masing orang. Anda juga tidak perlu khawatir, karena olahan tersebut biasanya akan yang lebih mudah jika menggunakan bahan dasar ikan giling


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan giling kakap, ikan giling tenggiri, ikan giling gabus, ikan giling barakuda, dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Varian Produk Kami :

Ikan tenggiri giling, Ikan giling tenggiri, ikan kakap giling, ikan giling kakap, ikan gabus giling, ikan giling gabus, ikan giling malang.






Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel