Senin, 22 Mei 2023

7 Ciri Ikan Tenggiri yang Masih Segar dan Layak Dikonsumsi

7  Ciri Ikan Tenggiri yang Masih Segar dan Layak Dikonsumsi. Saat akan membeli ikan tenggiri, mengetahui ciri ikan yang masih segar menjadi hal yang penting agar ikan yang dibeli dapat bertahan lebih lama jika ingin disimpan di dalam lemari es dan tidak langsung diolah. Dengan memilih ikan yang segar, tentunya akan menghasilkan hasil yang baik pula bagi setiap produk olahannya. 

Berikut kami jabarkan beberapa ciri yang harus diperhatikan untuk mengetahui apakah ikan tenggiri yang dipilih masih dalam kondisi yang segar atau tidak. 


Ciri Ikan Tenggiri Antara Lain 

1. Bagian Mata Ikan

Ciri yang paling pertama dan cukup mencolok adalah dengan melihat bagian mata ikan. Mata menjadi salah satu anggota tubuh yang penting untuk diperhatikan saat ingin melihat tingkat kesegaran pada setiap ikan, tidak terkecuali ikan tenggiri. Pastikan ikan tenggiri yang dipilih memiliki warna mata cerah, jernih dan bening. 

Jangan memilih ikan tenggiri dengan mata yang cenderung berwarna abu-abu ataupun pudar. Kesegaran ikan tenggiri pun bisa dilihat saat ikan memiliki bentuk mata yang cembung dan menonjol. Jika saat dipilih kondisi mata ikan tersebut cekung, berkerut dan masuk kedalam, bisa dipastikan bahwa ikan tenggiri yang dipilih sudah dalam keadaan tidak segar. 


2. Daging Ikan

Saat masih segar, ikan tenggiri memiliki daging berwarna putih. Jika daging yang dilihat berwarna kemerahan, terutama pada bagian di sekitar tulang, bisa jadi ikan tersebut sudah berada dalam kondisi yang tidak segar. Selain melihat dari warnanya, anda juga bisa mengeceknya dengan menekan bagian tubuhnya.

Jika saat ditekan daging ikan tenggiri masih terasa kenyal dan kembali pada keadaan semula, maka ikan tersebut artinya masih segar. Namun jika sebaliknya, daging tidak terasa kenyal dan lembek, maka hal tersebut sudah dalam kondisi ikan tidak segar lagi. 


3. Warna Tubuh Ikan

Selain memastikan daging ikan tenggiri berwarna putih, anda juga bisa melihat dari warna tubuh ikan tersebut. Pastikan ikan tenggiri yang dipilih memiliki warna tubuh yang terang, jika warnanya sudah pudar, maka biasanya kondisi ikan tersebut sudah tidak segar lagi.


4. Sisik Ikan

Ikan tenggiri yang masih segar biasanya memiliki sisik yang masih menempel kuat pada bagian kulitnya. Jika sisik ikan tenggiri yang dilihat sudah tidak menempel dan mudah terlepas, maka sebaiknya jangan dipilih karena ikan tersebut bisa jadi sudah berada pada kondisi yang tidak segar.


5. Insang Ikan

Insang merupakan bagian tubuh yang dianggap penting pada setiap ikan karena merupakan organ untuk bernapas. Bagian ini juga dapat dilihat untuk mengetahui tingkat kesegaran ikan tenggiri. Jika ikan tenggiri memiliki insang berwarna merah darah, maka dipastikan masih berada dalam kondisi yang segar, artinya ikan tersebut masih belum terlalu lama mati karena masih ada aliran darah yang belum sepenuhnya terhenti. Selain dilihat dari warna, aroma pada insang juga dapat menjadi hal yang bisa diamati. 

Jika insang ikan masih beraroma segar dan lendirnya berwarna bening, maka ikan tersebut masih segar. Namun jika insangnya berwarna kecoklatan, aromanya asam dan lendirnya keruh, maka ikan tersebut sudah tidak segar lagi.


6. Dinding Perut Ikan

Cara selanjutnya untuk melihat kesegaran ikan adalah dengan memperhatikan dinding perutnya. Jika ikan tenggiri masih dalam kondisi yang segar, biasanya memiliki dinding perut yang utuh dan elastis. Jika tidak, maka ikan tenggiri sudah dalam kondisi yang tidak segar.


7. Aroma Ikan

Meskipun ikan tenggiri termasuk kedalam jenis hidangan laut yang beraroma amis, namun saat masih segar biasanya ikan tersebut memiliki aroma yang khas, tidak berbau asam dan tidak menusuk. Berbeda saat ikan tenggiri sudah tidak segar, ia akan menyebarkan aroma amis yang tidak sedap dan menusuk ke dalam hidung. Ikan yang beraroma tidak sedap pun ditakutkan akan mempengaruhi aroma masakan yang akan dibuat. 


Itulah beberapa ciri yang dapat diperhatikan sebelum anda membeli ikan tenggiri yang akan digunakan sebagai bahan dari masakan harian di rumah. Ikan tenggiri dapat dimasak menjadi beberapa makanan nusantara yang lezat. Agar lebih variatif, ikan tenggiri juga dapat diolah menjadi siomay, pempek, dll. yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing orang.  Kami juga mempunyai solusi bagi Anda yang ingin membuat makanan dari ikan tapi tidak perlu membersihkan duri dan menggilingnya. Karena Ikan Tebo dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menyimpan dan menggunakan ikan dalam bentuk yang sudah digiling. 


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan kakap giling, ikan tenggiri giling, ikan gabus giling, ikan giling barakuda, ikan kuniran (surimi) giling, dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Varian Produk Kami :

Ikan tenggiri giling, Ikan giling tenggiri, ikan kakap giling, ikan giling kakap, ikan gabus giling, ikan giling gabus, ikan giling malang.






Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel