Selasa, 23 Mei 2023

Gunakan Bahan-Bahan Alami Ini Untuk Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Gunakan Bahan-Bahan Alami Ini Untuk Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan. Alasan sebagian orang tidak gemar makan ikan adalah karena bau amis yang dimilikinya. Agar menetralisir hal tersebut, sebaiknya anda menggunakan bahan-bahan ini untuk menghilangkan bau amis yang melekat pada ikan. Dengan menghilangkan bau yang ada, masakan yang anda buat akan terasa jauh lebih enak dan lezat. Selain dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, ikan juga memiliki segudang manfaat yang bisa anda dapatkan jika mengonsumsinya secara teratur. 

Bahan alami yang bisa menghilangkan bau amis pada ikan cukup mudah untuk didapatkan. Selain dengan menghilangkan baunya, tentu saja proses pencucian dan pembersihannya pun perlu diperhatikan agar menghasilkan olahan ikan yang lebih lezat. Untuk proses menghilangkan bau amis yang ada, anda bisa menggunakan berbagai bahan alami yang terdapat di dapur sebagai solusinya. 

Melansir liputan6.com, inilah beberapa bahan yang bisa anda gunakan sebagai upaya menghilangkan bau amis yang ada.

1. Daun dan Kulit Jeruk

Memiliki aroma yang khas, kulit dan daun jeruk dapat membuat bau amis yang melekat pada ikan perlahan hilang. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Rebus daun atau kulit jeruk dengan air hingga mendidih. Jika air rebusannya telah dingin, anda dapat menggunakan air ini untuk mencuci ikan tersebut. 

Dengan menggunakan cara ini, bau amis yang ada pada ikan pun akan secara perlahan berkurang atau bahkan hilang. Saat proses memasak ikan, anda juga perlu memasukkan 1 atau 2 lembar daun jeruk ke dalam masakan.

2. Air Perasan Lemon atau Jeruk Nipis

Bahan selanjutnya untuk menghilangkan bau amis pada ikan adalah air perasan lemon atau jeruk nipis. Penggunaan air lemon atau jeruk nipis akan memberikan rasa dan aroma segar pada ikan. Sifatnya yang asam dapat menghilangkan bau amis yang menyengat pada ikan.

Cara yang dilakukan pun cukup mudah, anda tinggal membaluri ikan dengan air perasan lemon atau jeruk nipis sebelum memasaknya. Selain itu, anda juga dapat menambahkan potongan lemon atau jeruk nipis pada saat proses memasak.

3. Jahe

Jahe termasuk kedalam bahan alami yang berguna untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Tak hanya itu, jahe juga bermanfaat untuk menciptakan rasa yang enak, menghilangkan racun serta menghilangkan alergen pada seafood. 

Cara menggunakannya pun mudah saja, cukup dengan menghancurkan jahe dan membalurkannya pada ikan. Diamkan selama 30 menit sebelum dimasak. Anda juga dapat memasukkan potongan jahe pada masakan ikan tersebut.

4. Air Cuka

Air cuka juga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan hingga 50%. Cara kerja cuka dalam menghilangkan amis sama dengan jeruk nipis dan lemon.

Untuk prosesnya, anda hanya perlu mencampurkan cuka dengan air bening dan menggunakannya sebagai bahan untuk merendam ikan selama lima menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan tiriskan sebelum memasaknya.

5. Garam

Garam merupakan bahan alami yang cukup efektif untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Setelah ikan selesai dibersihkan, gosokkan garam pada seluruh permukaan tubuh ikan. Diamkan selama 5 menit, kemudian cucilah dengan air bersih. Menggunakan cara ini dapat membantu mengurangi bau amis pada ikan sebelum dimasak.

Selain itu, kamu juga dapat mencampurkan garam dengan tambahan kunyit. Lumuri ikan yang telah dibersihkan dengan campuran kunyit dan garam selama kurang lebih 30 menit.

6. Parutan Mentimun

Bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan selanjutnya adalah mentimun. Parutan mentimun juga bisa digunakan untuk menetralkan bau amis pada ikan. Anda hanya perlu membalurkan parutan mentimun secara merata pada bagian tubuh ikan, biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.

7. Susu

Salah satu cara bagus untuk menghilangkan bau amis pada ikan sebelum dimasak adalah dengan menggunakan susu. Rendam ikan dengan air susu selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. 

Selain dapat menghilangkan bau amis, susu juga dapat membuat daging ikan menjadi lebih lembut dan empuk. Kandungan kasein dalam susu akan bereaksi dengan trimethylamine oxide yang merupakan bahan kimia umum untuk menyebabkan munculnya bau amis. 

8. Bawang Putih

Bahan terakhir untuk menghilangkan bau amis pada ikan adalah dengan menggunakan bawang putih. Cukup lumuri ikan dengan bawang putih yang telah dihaluskan sebelum memasaknya. Atau anda juga dapat memasukkan cincangan bawang putih kedalam masakan untuk semakin menambahkan cita rasa pada ikan. 


Itulah beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan agar bau amis ikan dapat ternetralkan dan hilang. Supaya tidak bosan, ikan juga dapat diolah menjadi macam-macam olahan makanan yang lebih bervariatif seperti pempek, siomay, dll. Kami juga mempunyai solusi bagi Anda yang akan membuat makanan dari ikan namun tidak perlu membersihkan duri dan menggilingnya. Dikarenakan Ikan Tebo dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menyimpan ikan dalam bentuk yang sudah digiling.


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan kakap giling, ikan tenggiri giling, ikan gabus giling, ikan giling barakuda, ikan surimi giling, dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Olahan ikan giling kami :

Ikan gabus giling, ikan giling gabus, Ikan tenggiri giling, Ikan giling tenggiri, ikan kakap giling, ikan giling kakap, ikan giling malang.






Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel