Selasa, 23 Mei 2023

Sajian Olahan Ikan Giling yang Bisa Anda Coba Sebagai Kreasi Camilan di Rumah


Sajian Olahan Ikan Giling yang Bisa Anda Coba Sebagai Kreasi Camilan di Rumah. Tak semua makanan bisa diolah dengan menggunakan bahan dasar daging utuh. Demi mendapatkan bentuk-bentuk unik, daging utuh perlu dihilangkan dari tulangnya dan kemudian digiling. Proses penggilingannya pun tidak hanya identik dengan daging sapi saja, namun daging ayam dan daging ikan pun banyak digunakan dalam olahan makanan yang dipasarkan di Indonesia.

Melansir resepkoki.id, inilah beberapa sajian olahan daging ikan giling yang dapat anda buat sebagai kreasi camilan di rumah.

1. Galantin

Menu jadul ini merupakan olahan makanan yang masih bertahan hingga sekarang. Galantin biasa ditemukan dalam acara-acara khusus dan hari raya yang disajikan sebagai menu istimewa. Sajian western ini dibuat dengan daging giling, telur, susu, tepung panir, dan bumbu. Nantinya, adonan ini digulung dalam plastic wrap atau daun pisang, lalu dikukus hingga matang. Tampilannya mirip seperti sosis yang berukuran raksasa. Tapi dalam penyajiannya, galantin perlu dipotong melintang seperti bolu dan kemudian digoreng sebentar.

Selain galantin, ada makanan yang serupa bernama rolade. Bentuk, bahan, dan cara membuatnya mirip dengan galantin. Hanya saja, rolade punya lapisan telur dadar di luar gulungan dagingnya. 

2. Sempol

Siapa sangka, camilan makanan dari kota Malang ini sempat hits dan masih dijual oleh beberapa pedagang kaki lima di Indonesia. Sekilas, rasa dan bentuk sempol mirip dengan otak-otak goreng. Bedanya pada saat digoreng, sempol akan dibalut lagi dengan kocokan telur. Tak lupa, sempol juga disajikan dengan menggunakan tusuk sate. 

Bahan-bahan dasar pembuatan sempol antara lain adalah dengan menggunakan ikan/ayam giling, bawang putih, bawang merah, daun bawang, tepung tapioka, terigu, dan bumbu pelengkap. Campurkan semua bahan yang telah disiapkan, lalu bentuk adonan menjadi bulat memanjang. Tusuk dengan tusukan bambu dan kemudian direbus. Proses rebusan ini berfungsi supaya adonan sempol bisa menyatu dengan baik. Setelah setengah matang, balutkan dengan telur dan goreng hingga matang. Anda juga dapat menggunakan saus sambal atau mayonaise sebagai tambahan pelengkapnya.

3. Burger

Hidangan makanan satu ini biasanya memiliki daging yang diapit menggunakan dua roti bulat dan sangat pas untuk dijadikan sebagai sajian yang cepat dan nikmat, apalagi kalau disukai disukai oleh anak-anak. Agar lebih sehat dan terjamin, anda bisa membuat burger dengan menggunakan resep rumahan yang satu ini. 

Patty atau daging burger yang akan dibuat berasal dari bahan yang cukup sederhana, yakni dengan menggunakan daging giling, bawang bombay, garam, dan merica. Anda juga bisa mencampurkan atau melapisi patty yang sudah dibentuk dengan terigu agar lebih menyatu. Panggang daging yang telah dibuat dengan sedikit mentega atau minyak hingga matang.

4. Nugget

Nugget merupakan salah satu olahan makanan yang biasa dibawa sebagai menu bekal untuk ke sekolah atau ke kantor. Selain dapat jadi teman makan nasi, nugget juga nikmat dijadikan sebagai camilan saat sedang santai. Berbeda dengan burger, ukuran nugget memang lebih kecil. Tapi, kulit luarnya terasa begitu renyah. 

Untuk proses pembuatannya, campurkan daging ikan giling dengan telur, terigu, kaldu, dan bumbu. Tuang ke dalam loyang dan kukus hingga padat dan matang. Ciri khas dari nugget adalah luaran adonannya dibalut menggunakan tepung panir atau roti yang bertekstur dan renyah. Setelah matang, potong-potong nugget yang sudah dikukus sesuai dengan selera, lalu balutkan dengan tepung bertekstur, telur, dan sedikit terigu. 

5. Otak-Otak

Cemilan khas Bandung satu ini seringkali hadir sebagai makanan pembuka di restoran. Entah dimasak dengan cara digoreng atau dikukus, otak-otak tetap memiliki rasa yang gurih dan lembut. 

Bahan pembuatan makanan satu ini mirip dengan pempek, yakni daging ikan giling, tepung sagu, bawang putih, daun bawang, putih telur, dan santan. Semua bahan diaduk hingga tercampur rata, lalu dikukus dalam daun pisang. Agar semakin nikmat, bakar dulu otak-otaknya setelah matang dari kukusan. Jika ingin membuat otak-otak dengan versi digoreng, otak-otak tak perlu dibungkus daun saat dikukus. Diamkan sebentar agar otak-otak tidak terlalu basah, lalu goreng dalam minyak panas hingga matang.

Itulah beberapa olahan makanan dengan bahan dasar ikan giling yang dapat anda buat dan sajikan sebagai camilan di rumah bersama keluarga. Bagi anda yang tidak mempunyai waktu luang untuk menggiling ikan sendiri, Ikan Tebo dapat menjadi solusi yang tepat mengenai masalah anda. Karena kami menyediakan berbagai macam jenis ikan giiling yang dapat anda olah menjadi beberapa makanan diatas tanpa perlu repot-repot mencabuti duri dan menggilingnya sendiri. 


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan kakap giling, ikan tenggiri giling, ikan gabus giling, ikan giling barakuda, ikan surimi giling, dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Tersedia produk ikan giling : 

ikan surimi giling, saku ltk, ikan tenggiri giling, ikan barakuda giling, ikan kakap giling, ikan gabus giling, udang giling.






Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel