Senin, 22 Mei 2023

Beginilah Cara Menyimpan Ikan di Dalam Kulkas Agar Tetap Aman

Beginilah Cara Menyimpan Ikan di Dalam Kulkas Agar Tetap Aman. Ikan merupakan makanan yang dapat dijadikan sebagai menu santapan harian yang sehat bagi anda dan keluarga. Saat membeli ikan, pilihlah ikan dengan kondisi yang masih segar agar bisa disimpan dan bertahan dalam waktu yang cukup lama. Saat sebelum disimpan, ikan harus dibersihkan dari isi perutnya sampai bersih, setelah itu ikan bisa dipotong dengan takaran per porsi, disimpan didalam wadah yang kedap udara, kemudian letakkan di dalam lemari es. Ikan mentah yang telah dibersihkan dapat bertahan di freezer dalam kurun waktu 3-8 bulan, namun hanya 1-2 hari jika disimpan di kulkas biasa. 

Setiap bahan makanan, termasuk ikan harus disimpan, ditangani dan diolah dengan cara yang tepat agar selalu berada dalam kondisi yang segar dan tetap mempertahankan nutrisi yang ada di dalamnya agar tidak hilang. Jika disimpan dengan cara yang benar, ikan akan bertahan lebih lama tanpa mengurangi kesegaran dan kualitasnya saat akan diolah. 

Ikan giling yang tidak disimpan dengan cara yang benar akan mengalami risiko rusaknya daging ikan, menurunkan nilai gizinya, bahkan dapat menyebabkan keracunan makanan akibat terkontaminasi bakteri. 


Bagaimana cara menyimpan ikan di dalam kulkas?

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dari salahnya cara menyimpan ikan, berikut kami siapkan tips yang dapat anda ikuti ketika menyimpan ikan di dalam lemari es agar tetap aman dan tahan lama.

1. Pilihlah ikan dalam keadaan yang masih segar

Memilih ikan dalam kondisi segar adalah hal yang paling penting sebelum menyimpannya di dalam lemari es. Ikan yang kurang segar akan memiliki umur simpan yang lebih pendek saat di lemari es.

Untuk mengetahui apakah ikan tersebut masih segar atau tidak, anda dapat melihat cirinya seperti dibawah ini.

  • Mata ikan terlihat segar dan jernih
  • Ikan memiliki bau yang segar, tidak berbau amis, dan tidak berbau seperti amonia.
  • Insang ikan berwarna merah, serta memiliki daging yang padat dan tidak berlendir.
  • Ikan tidak menunjukkan perubahan warna, menghitam atau kering di bagian tepinya saat di fillet.
  • Ikan segar dan fillet yang dijual beku mungkin tidak memiliki semua karakteristik ikan segar, tetapi harus tetap memiliki bau yang segar, ringan, tidak amis, asam, atau bau tengik.

Agar ikan tetap berada dalam kondisi yang segar, sebaiknya beli ikan saat memang akan memasaknya dalam waktu dekat, minta juga es untuk disimpan didalam kemasannya agar ikan tetap segar selama di perjalanan.


2. Bersihkan ikan terlebih dahulu

Sebelum disimpan dan dimasukkan ke dalam lemari es, bersihkan ikan dan cuci sampai bersih terlebih dahulu. Setelah bersih, ikan bisa disimpan secara utuh di dalam lemari es atau freezer.


3. Simpan ikan dalam keadaan sudah dipotong-potong

Salah satu cara menyimpan ikan dengan benar adalah dengan menyimpannya dalam potongan atau fillet. Anda dapat membeli ikan yang sudah dipotong dan dibersihkan, atau memotongnya sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Jika ikan sudah dipotong menjadi beberapa bagian, saat ingin memasaknya ambillah ikan seperlunya tanpa harus mencairkan ikan yang tidak ingin digunakan. Karena ikan beku yang sudah dicairkan akan membusuk lebih cepat sehingga tidak boleh dimasukkan kedalam lemari es dan dibekukan kembali.


4. Kemas ikan dengan baik

Bagian penting dalam mengawetkan ikan adalah cara pengemasannya. Jika ikan disimpan di dalam lemari es, sebaiknya ikan disimpan dengan posisi yang memungkinkan cairannya dapat mengalir dengan baik. Jika ikan terendam cairannya, maka daging ikannya akan lebih cepat busuk.

Tempatkan ikan di freezer atau wadah kedap udara bertingkat agar cairan ikan dapat mengalir dan menetes tanpa membuat ikan tergenang dengan cairannya selama berada di dalam penyimpanan wadah tertutup. Namun jika ingin membekukannya, Anda bisa membungkus ikan dengan rapat menggunakan plastik atau alumunium foil dan langsung memasukkannya ke dalam freezer.


5. Simpan ikan di tempat paling dingin

Tempatkan ikan dibagian paling dingin agar ikan tetap terjaga kesegarannya selama proses penyimpanan. Letakkan juga ikan di bagian paling dalam dan paling bawah agar tidak mudah terpengaruh oleh pencahayaan lemari es saat pintu kulkas dibuka dan ditutup. 

Jaga suhu lemari es agar tetap berada dibawah 4,4°C atau kurang dari itu. Jika ikan atau makanan laut lainnya disimpan pada suhu di atas 4,4 °C selama lebih dari 2 jam, maka sebaiknya tidak dikonsumsi lagi karena memungkinkan terkena risiko kontaminasi bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.


Bagaimana cara mencairkan ikan beku?

Agar kualitas daging ikan tidak berkurang, inilah cara aman mencairkan ikan beku yang perlu anda ketahui.

  • Pindahkan ikan beku dari lemari es atau freezer ke dalam kulkas. Biarkan semalaman agar ikan cair dengan sendirinya secara perlahan.
  • Gunakan wadah yang mendukung agar cairan ikan dapat mengalir selama proses pencairannya.
  • Jika ikan ingin digunakan dalam waktu yang cepat, pindahkan ikan beku ke dalam plastik, lalu rendam dengan air dingin.
  • Selain direndam dengan air dingin, anda juga dapat menggunakan microwave dengan pengaturan defrost/pencairan agar pada prosesnya ikan masih terasa dingin, tapi sudah memiliki tekstur yang tidak mengeras atau lembek.


Itulah cara menyimpan ikan di lemari es dengan benar dan aman. Sebelum dan sesudah menangani ikan mentah, cucilah tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air hangat selama 20 detik untuk menghindari risiko kontaminasi bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Ikan segar yang disimpan bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan makanan. Supaya tidak bosan, ikan juga dapat dibuat menjadi macam-macam olahan makanan yang lebih bervariatif seperti pempek, siomay, dll. Kami juga mempunyai solusi bagi Anda yang ingin membuat makanan dari ikan akan tetapi tidak perlu membersihkan duri dan menggilingnya. Dikarenakan Ikan Tebo dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menyimpan ikan dalam bentuk yang sudah digiling.


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan kakap giling, ikan tenggiri giling, ikan gabus giling, ikan giling barakuda, ikan kuniran (surimi) giling, dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Tersedia produk ikan giling : 

ikan surimi giling, saku ltk, ikan tenggiri giling, ikan barakuda giling, ikan kakap giling, ikan gabus giling, udang giling.






Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel