Senin, 22 Mei 2023

Inilah Inspirasi Olahan Makanan Dari Ikan Giling Untuk Masakan Anda

Inilah Inspirasi Olahan Makanan Dari Ikan Giling Untuk Masakan Anda. Terdapat beberapa olahan makanan dengan bahan dasar ikan giling yang mudah dipraktekkan dan dibuat di rumah. Olahan makanan ini dapat dijadikan sebagai camilan, menu makanan yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga tercinta, atau bahkan dijadikan sebagai ide untuk memulai usaha makanan. Selain itu, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat olahan dari ikan giling pun biasanya tidak sulit untuk ditemukan. 

Berikut kami sajikan beberapa inspirasi olahan makanan dengan bahan dasar ikan giling yang bisa dicoba di rumah.

1. Pempek

Pempek adalah salah satu makanan terkenal yang berasal dari Palembang dan banyak digemari oleh kalangan masyarakat Indonesia. Memiliki cita rasa yang gurih, lezat dan pedas saat dimakan bersamaan dengan kuah cuko nya. 

Untuk membuat makanan ini, bahan yang diperlukan antara lain adalah daging ikan giling, tepung terigu, tepung sagu, bawang, penyedap rasa, telur, dan tentunya kuah cuko.

Untuk membuat tekstur pempek menjadi kenyal, terdapat tips pada proses pembuatannya. Tips tersebut antara lain adalah:

  • Pilihlah jenis ikan tenggiri atau ikan gabus untuk mendapatkan hasil yang bagus. Jenis ikan yang digunakan dalam membuat pempek akan berpengaruh terhadap teksturnya. Pada saat dibuat, ikan tenggiri memiliki aroma yang cukup kuat, sedangkan ikan gabus tidak. 
  • Perhatikan perbandingan antara daging ikan dan tepung sagu yang digunakan. Jika ukuran daging ikan yang digunakan adalah sebanyak 1 kg, sebaiknya takaran tepung sagunya adalah sebanyak 600 gram agar rasa ikannya tidak hilang.
  • Pilihlah jenis tepung sagu yang nantinya akan membuat hasil warna pempek menjadi tidak kusam. Jenis tepung sagu yang paling bagus untuk digunakan adalah sagu tani karena akan membuat warna pempek menjadi putih. 


2. Bakso Ikan

Saat membuat adonan bakso ikan, biasanya bahan yang diperlukan terdiri dari ikan, tepung sagu atau tapioka, serta beberapa penyedap rasa seperti gula dan garam. Untuk membuat tekstur bakso ikan menjadi lebih kenyal, kamu juga bisa menggunakan baking powder sebagai bahan tambahannya. Namun sebaiknya jangan dimasukkan terlalu banyak ke dalam adonan agar pada saat direbus, bakso tidak terlalu mengembang.

Terdapat tips untuk membuat bakso ikan agar mendapatkan hasil yang lezat dan berkualitas. Berikut tipsnya:

  • Pilihlah daging ikan yang masih segar dan memiliki tekstur daging yang kenyal serta tidak lembek.
  • Daging ikan yang digunakan sudah bersih dari durinya.


3. Tekwan

Selain pempek, makanan lain yang merupakan ciri khas dari Palembang adalah tekwan. Biasanya tekwan berbentuk bulat-bulat, mirip dengan bakso ikan. Kuah yang disajikan pun sangat khas karena terbuat dari udang dan dilengkapi dengan tambahan topping lain seperti bihun, jamur kuping dan bengkuang. 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tekwan adalah daging ikan tenggiri, tepung sagu, putih telur, garam, air dan penyedap rasa. Sedangkan untuk kuahnya adalah dengan menggunakan udang, air, bawang, penyedap rasa, ditambah juga dengan toping lain seperti bengkuang, jamur kuping, bunga sedap malam, dan seledri.  


4. Siomay

Siomay dapat menjadi makanan cemilan di rumah ataupun digunakan sebagai ide jualan yang bisa memberikan keuntungan. Selain bahan-bahan yang mudah ditemukan, cara pembuatannya pun sangat mudah. 

Sebelum mengolahnya, anda perlu menyiapkan kulit pangsit untuk bagian luarnya, dan pada bagian dalamnya adalah dengan menggunakan daging ikan tenggiri giling, tepung sagu, telur, labu siam, bawang, kaldu jamur dan penyedap rasa. 

Untuk menggabungkan bagian luar dan dalamnya, kamu bisa merebus kulit pangsit terlebih dahulu, atau cukup membasahinya dengan air agar isian siomay dan luarnya dapat menyatu dengan sempurna. 


5. Otak-Otak

Otak-otak merupakan salah satu jenis olahan makanan yang terbuat dari campuran daging ikan. Otak-otak bisa dimakan secara langsung sebagai camilan atau bisa juga disandingkan dengan nasi hangat saat memakannya. Bahan-bahan yang diperlukan pun tidak jauh berbeda dari sebelumnya, yaitu daging ikan tenggiri giling, tepung sagu atau tapioka, santan, telur, bawang, dan penyedap rasa. 


Ada 2 opsi pilihan saat kamu memasak otak otak, opsi pertama adalah dengan langsung dipanggang, opsi kedua adalah dengan cara dikukus dulu kemudian dipanggang. Untuk cara kedua, otak-otak bisa dikukus dengan api sedang selama kurang lebih 5 menit sampai matang, setelah itu barulah dipanggang diatas teflon. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, sebaiknya otak-otak langsung saja dipanggang agar aroma yang dihasilkan dapat lebih terasa. 

Itulah beberapa olahan masakan yang dapat anda buat dari olahan ikan giling. Selain menggunakan ikan tenggiri, anda juga bisa menggunakan ikan giling jenis lain yang memiliki cita rasa tidak jauh berbeda dari ikan tenggiri, misalnya seperti ikan gabus giling atau ikan kakap giling

Jika anda tidak mempunyai waktu untuk membuatnya sendiri, kami mempunyai solusi bagi Anda yang ingin membuat makanan dari ikan akan tetapi tidak perlu membersihkan duri dan menggilingnya. Dikarenakan Ikan Tebo dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menyimpan ikan dalam bentuk yang sudah digiling.


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan kakap giling, ikan tenggiri giling, ikan gabus giling, ikan giling barakuda, ikan kuniran (surimi) giling, dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Produk kami:

Ikan Surimi Giling, udang giling, ikan tenggiri giling, ikan kakap giling, ikan gabus giling, ikan barakuda giling.






Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel