Jumat, 19 Mei 2023

Kenapa Anak-Anak Perlu Konsumsi Ikan?

Kenapa Anak-Anak Perlu Konsumsi Ikan? Tahukah kamu? ikan merupakan salah satu pilihan menu makanan yang baik dikonsumsi untuk anak. Selain memiliki rasa yang enak, ikan juga mengandung banyak manfaat dan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Karena anak membutuhkan gizi yang baik bagi pengoptimalan tumbuh kembangnya, maka dari itu diperlukan asupan makanan yang cukup dan bernutrisi, salah satunya dapat berasal dari ikan. 

Masa perkembangan anak dihitung sejak dari usia kandungan hingga ia berusia 3 tahun, dan ini merupakan masa-masa yang menentukan kecerdasan dan tumbuh kembangnya. Jika pada masa ini perkembangan jumlah sel-sel dalam otaknya tidak mencukupi, maka akan menyebabkan kurangnya sel-sel yang bersifat permanen. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan dan masa depannya nanti.

Untuk itu, pada masa ini diperlukan asupan nutrisi yang lengkap serta seimbang agar sel-sel otak anak dapat tumbuh dalam jumlah yang banyak. Dengan mengonsumsi ikan, nutrisi yang didapatkan akan semakin maksimal karena memiliki kandungan gizi yang baik untuk perkembangan sel-sel otak otak dan sistem kognitif  yang pada akhirnya akan sangat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangannya.


Kandungan gizi yang terkandung dalam ikan antara lain adalah:

Protein

Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh anak. Selain protein, ikan juga mengandung berbagai macam asam amino yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan bahan makanan lain. Salah satu jenis asam aminonya adalah taurin, dimana taurin sangat bermanfaat dalam membantu proses pertumbuhan sel otak balita.

Vitamin A

Kandungan minyak hati ikan memiliki manfaat dalam memperbaiki penglihatan mata anak dan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kebutaan.

Vitamin D

Vitamin D yang terkandung pada ikan memiliki peranan penting dalam menjaga pertumbuhan tulang agar tetap kuat.

Vitamin B12

Vitamin ini memiliki berbagai macam manfaat untuk tubuh anak seperti melindungi jantung, pembentukan sel darah merah, membantu proses metabolisme lemak, serta melindungi tubuh dari kerusakan jantung dan saraf.

Selenium

Selenium memiliki peranan dalam membantu proses metabolisme di dalam tubuh, bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, dan dapat mencegah penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner.

Fluor

Karena masih dalam masa pertumbuhan, fluor memiliki manfaat dalam menyehatkan dan menguatkan gigi anak.

Seng

Sebagai mikronutrien, seng berperan penting dalam mengikat protein dan asam nukleat dalam tubuh. Seng juga berperan aktif dalam pembentukan sel otak besar, terbukti dengan ditemukannya mineral ini dalam jumlah yang banyak di area memori otak besar.


Beberapa manfaat ikan untuk anak antara lain

Selain memperhatikan kandungannya, kita juga perlu mengetahui apa saja manfaat yang akan didapatkan jika anak mengonsumsi ikan, karena dapat menjadi sumber protein serta membantu mencegah terjadinya penyakit kronis tertentu.

1. Bermanfaat dalam proses perkembangan otak anak

Ikan dapat menjadi sumber asam lemak sehat bagi balita karena kaya akan kandungan asam lemak omega-3 docosahexaenoic acid  atau DHA  yang diperlukan untuk sistem saraf dan perkembangan otaknya. Contoh ikan yang kaya akan kandungan DHA nya adalah salmon, tuna, sarden, dan herring. Selain baik untuk balita, ibu hamil juga sering disarankan untuk mengonsumsi ikan yang dapat membantu mendukung perkembangan otak janin.

2. Dapat meningkatkan kecerdasan anak

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa ikan memiliki kandungan asam lemak yang sehat seperti omega-3, dimana omega-3 dapat bermanfaat bagi perkembangan otak anak. Terdapat juga fakta bahwa anak yang rutin mengonsumsi ikan memiliki hasil tes kecerdasan yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak terbiasa mengonsumsinya. 

3. Menurunkan risiko terjadinya alergi

Konsumsi berbagai jenis ikan sejak dini dapat mencegah berbagai penyakit alergi seperti asma dan neurodermatitis.

Terdapat satu studi yang menemukan bahwa ikan mengandung asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang (LPCFA) yang dapat mencegah terjadinya asma pada anak-anak.


Itulah beberapa kandungan dan khasiat yang dimiliki oleh ikan dan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan si kecil. Supaya tidak bosan, ikan juga dapat dibuat menjadi beberapa olahan makanan yang lebih bervariatif seperti pempek, siomay, dll. Kami juga mempunyai solusi bagi Anda yang akan membuat makanan dari ikan namun tidak perlu membersihkan duri dan menggilingnya. Karena Ikan Tebo dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menyimpan ikan dalam bentuk yang sudah digiling.


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan kakap giling, ikan tenggiri giling, ikan gabus giling, ikan giling barakuda, dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Varian ikan giling kami :

Ikan giling barakuda, ikan giling kakap, ikan giling gabus, ikan giling tenggiri, udang giling, ikan giling surimi.






Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel