Selasa, 23 Mei 2023

Selain Kaya Akan Manfaat, Ikan Gabus Juga Bisa Dijadikan Menu MPASI Loh!

Selain Kaya Akan Manfaat, Ikan Gabus Juga Bisa Dijadikan Menu MPASI Loh! Jika ditanya mengenai jenis ikan dengan kandungan protein yang tinggi, biasanya kebanyakan orang akan memberikan jawaban ikan tuna atau ikan salmon. Namun tahukah anda? Selain ikan tersebut, ikan gabus juga mempunyai kandungan protein yang tidak kalah tinggi. Padahal jika dilihat dari segi harga, ikan gabus memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan ikan tuna dan salmon. Selain harganya yang relatif murah, ikan gabus juga dapat memberikan manfaat yang banyak bagi tubuh manusia. Karenanya, ikan ini sering dijadikan menu olahan untuk pembuatan MPASI. Bagaimana cara mengolahnya? Apa saja manfaat ikan gabus untuk mpasi bayi yang bisa didapat? Yuk simak penjelasan dibawah ini!


Kandungan dan Manfaat Ikan Gabus

Ikan gabus memiliki kandungan yang sangat banyak dan baik jika dikonsumsi oleh tubuh. Kandungan tersebut antara lain adalah kalsium, zat besi, fosfor, kalori, lemak dan yang paling tinggi adalah protein. Per 100 gram ikan gabus mengandung protein sebanyak 25,2 gram lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi (18,8 gram) dan telur (12,8 gram).

Berdasarkan penelitian Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, ikan gabus memiliki kandungan protein albumin tertinggi jika dibandingkan dengan jenis makanan lain. Albumin sendiri sangat diperlukan untuk tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, terutama bagi penyembuhan luka. Oleh karena itu, ikan gabus menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh pasien saat pasca operasi. 

Selain itu, ekstrak ikan gabus dapat meningkatkan kadar albumin di dalam darah. Sehingga bagi seseorang yang mengalami penyakit HIV/AIDS, ikan gabus dapat menjadi solusi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mampu untuk menambah berat badan.


Manfaat Ikan Gabus Untuk Bayi

Selain bermanfaat untuk orang dewasa, ikan gabus juga dapat memberikan manfaat bagi bayi. Tingginya jumlah kandungan fosfor dan kalsium yang ada pada ikan gabus dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi si kecil.

Jika dikonsumsi secara rutin, ikan gabus juga dapat membuat bayi mengalami peningkatan pada kadar hemoglobin dalam darah dan juga menaikkan berat badannya. Kadar albumin yang dimiliki oleh bayi pun akan lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya. 

Jika albumin yang ada pada bayi kurang, maka bisa menyebabkan penyakit Tuberkulosis (TB atau TBC) dan melambatnya pertumbuhan otak. Maka dari itu, ikan gabus menjadi salah satu makanan yang penting untuk dijadikan menu makanan bagi si kecil.


Menu dan Cara Pembuatan MPASI dari Ikan Gabus

Menu MPASI yang dapat dibuat dari ikan gabus sangatlah bervariasi. Ikan gabus dapat diolah menjadi sup ikan, bubur ikan, bahkan nugget. Karena MPASI merupakan makanan awal untuk bayi, jadi resep yang akan disajikan kali ini adalah bubur ikan gabus yang memiliki tekstur lembut dan mudah dimakan oleh bayi. 

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat bubur ikan:

  • 1 ekor ikan gabus
  • 1 genggam beras merah atau putih (bisa diatur sesuai selera)
  • 2 buah brokoli (potong kecil)
  • 1 buah wortel (parut)
  • 1 lembar daun salam


Bahan Untuk Merebus Ikan Gabus:

  • 1 ruas kunyit geprek
  • 1 ruas jahe geprek
  • 1 siung bawang merah geprek
  • 1 siung bawang putih geprek
  • Jeruk nipis dan sereh seperlunya


Cara memasak:

  1. Baluri ikan gabus dengan perasan jeruk nipis. (Diamkan hingga 15 menit untuk menghilangkan bau amis)
  2. Cuci ikan hingga bersih, kemudian rebus dengan bahan rebusan hingga air didalamnya tersisa ¼ panci. 
  3. Pisahkan daging ikan dari tulangnya.
  4. Saat sudah matang, saring ikan gabus untuk mendapatkan hasil bubur yang benar-benar lembut.
  5. Cuci beras, kemudian masaklah dengan air sebanyak ¾ panci bersamaan dengan daun salam.
  6. Jika beras yang dimasak sudah cukup matang, masukkan irisan wortel dan potongan brokoli, aduk terus hingga air dalam panci habis, kemudian saring.
  7. Campurkan bubur yang telah disaring dengan ikan gabus yang telah halus. Aduk hingga merata.
  8. Letakkan pada mangkuk, bubur ikan gabus siap disajikan.


Itulah salah satu resep menu pembuatan MPASI untuk si kecil. Selain itu, masih banyak juga resep menu lain yang dapat anda sajikan untuk anak agar tidak mudah bosan dan dapat terus meningkatkan nafsu makannya. 

Selain diolah secara langsung, ikan gabus juga bisa diolah menjadi menu masakan lainnya dengan menggunakan bahan dasar daging ikan gabus giling. Kami juga mempunyai solusi bagi Anda yang ingin membuat makanan dari ikan tapi tidak perlu membersihkan duri dan menggilingnya. Karena Ikan Tebo dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menyimpan dan menggunakan ikan dalam bentuk yang sudah digiling. 


Untuk anda yang berada di wilayah Jawa Timur akan lebih mudah mendapatkannya jika berkunjung ke Toko Sabrina yang bertepatan di Jalan Tebo Tengah No.2, Mulyorejo, Sukun, Malang. Dimana Toko Sabrina menyediakan banyak sekali jenis ikan giling. Mulai dari ikan kakap giling, ikan tenggiri giling, ikan gabus giling, ikan giling barakuda, ikan surimi giling, dll. 

Kami juga dapat melakukan pengiriman ke wilayah Jawa Timur (Malang, Surabaya, Blitar, dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya), Bali (Denpasar, Kuta dan sekitar), NTB (Mataram, Lombok, Sumbawa dan sekitarnya), dan NTT (Kupang, Labuan Bajo dan sekitarnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi ikan giling Malang dapat menghubungi via whatsapp di nomor 0816-5496-6322 atau kunjungi halaman website https://www.ikantebo.com/.


Produk kami:

Ikan Surimi Giling, udang giling, ikan tenggiri giling, ikan kakap giling, ikan gabus giling, ikan barakuda giling.






Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel